Kamis, 22 September 2016

Perkembangan atau Kemajuan Teknologi



            
IPTEK
 
Kemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK sudah sangat maju. Banyak sekali perubahan-perubahan yang semakin canggih karena IPTEK. Sekarang semua bekerja dalam perintah teknologi mesin, komputer, dan internet. Contohnya, bila kita ingin mencari atau mengetahui sesuatu kita bisa langsung mencarinya di internet. Sekarang pun membuat produk-produk banyak yang menggunakan mesin. Seperti, jika dahulu kita menumbuk padi menggunakan alu, sekarang kita sudah bisa menggunakan mesin penggiling padi. Bahkan sekarang UN untuk para pelajar SMA sudah menggunakan sistem CBT (Computer Basic Test).

UN berbasis komputer (CBT)
              Banyak sekali dampak-dampak yanh ditimbulkan dari kemajuan dalam bidang IPTEK ini. Dampak positif maupun negatif ada didalamnya. Beberapa contoh dari dampak positi, yaitu tenaga mesin yang digunakan untuk membuat produk-produk jadi lebih cepat dan bisa memproduksi barang dalam jumlah yang banyak. Contoh lainnya, kita bisa dengan mudah mengetahui apa yang kita tidak ketahui lewat dunia internet. Dalam dunia internet pun kita bisa mengenal teman baru lewat sosial media. Dan masih banyak lagi dampak positif IPTEK yang menguntungkan bagi manusia.
               Tetapi, bidang IPTEK juga mempunyai banyak dampak negatif. Misalnya, dengan banyaknya mesin-mesin yang digunakan memhuat para pekerja yang kurang ahli tidak dipekerjakan. Lalu ada penggunaan internet yang salah yang sangat berdampak fatal terutama untuk anak dibawah umur. Seperti situs pornografi yang tidak layak ditonton anak dibawah umur. Bahkan dalam dunia internet juga sering terjadi penculikkan. Mengerikan bukan dampak negatif internet? Nah, itulah beberapa jabaran saya tentang dampak positif dan negatif IPTEK. Sekarang bagaimaba anda yang menggunakannya, apakah untuk hal yang bermanfaat atau tidak. Tetapi, lebih baik gunakanlah untuk hal-hal yang positif ya guyss.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar