Kamis, 22 September 2016

Masjid A.R. Fahruddin UMM dan SPBU UMM


                                                MASJID AR. FAHRUDDIN

Masjid A.R. Fachruddin UMM
Masjid AR. Fahruddin adalah masjid yang didirikan di kampus Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM ) untuk kegiatan beribadah bagi umat islam yang ada di kampus maupun luar kampus.  Masjid ini juga sering digunakan untuk pembelajaran ( pendidikan agama islam ). Bangunan masjid ini sendiri didirikan pada tahun November 1994–September 1996. Masjid ini juga diresmikan oleh Bpk. Bj. Habibie ( Presiden Ke-3 ). Masjid ini juga dibangun dengan menggabungkan tiga kebudayaan yaitu Jawa, Arab dan Modern.  Masjid Universitas Muhammadiyah Malang ini menjadi kebanggaan UMM karena menjadi masjid kampus terbesar di Asia Tenggara.

Masjid yang berlokasi di Jalan Raya Tlogomas ini memiliki luas bangunan 14.834,70 m2. Masjid ini memiliki 5 lantai bangunan. Luas lantai 1 : 2.706,20 m2, sedangkan lantai 2 sekitar 2.900 m2, lantai 3 seluas 3.197 m2. Untuk luas masing lantai 4 dan 5 masing-masing adalah 1.642,75 dan 2.746 m2.  Tempat untuk beribadah bisa dilakukan di lantai 3 dan 5. Lantai 2 digunakan untuk Perkantoran masjid, perkuliahan, Lab. Psikologi, tempat wudhu’ dll. Sedangkan lantai 1 digunakan untuk perkantoran, poliklinik, kantin dan beberapa kantor pusat studi. Dengan megahnya masjid AR. Fahruddin, masjid ini menjadi identitas bagi UMM tetapi juga bahkan menjadi salah satu bangunan masjid terbesar di Kota Malang.

Halaman Depan Masjid
Arsitektur masjid ini memadukan berbagai unsur kebudayaan, diantaranya kebudayaan Jawa, Arab dan modern. Kebudayaan Jawa ditandai adanya cungkup di ujung masing-masing kubah. Berbagai bentuk ornamen dan pilarnya dibuat dengan gaya yang modern menggambarkan semangat modernitas dalam menampilkan ajaran Islam. Pilar-pilar yang kokoh ke dalam dan menjulang tinggi mengambarkan bangunan tauhid yang menghunjam. Sementara kubah dan ornamen lainnya menggambarkan buah dan daunnya yaitu amal shaleh. Sedangkan misi dari masjid ini bisa terlihat dari ditentukannya lokasi dan arsitektur masjid AR. Fahruddin.

                                                                SPBU UMM

SPBU UMM
SPBU yang berada di sebelah barat kampus UMM adalah stasiun pengisian bahan bakar yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Malang atau lebih tepat berada pintu keluar barat kampus III UMM. SPBU ini juga merupakan satu-satunya ciri khas dari UMM yang mana tidak ada kampus lain di Kota Malang yang memiliki stasiun pengisian bahan bakar tersendiri. SPBU ini tentunya sangat membantu mahasiswa maupun masyarakat sekitar dalam penggunan kendaraan yang kehabisan bahan bakar kendaraannya. Selain itu pembangunan SPBU ini juga sebagai investasi lain dari kampus UMM untuk mendapatkan tambahan pendapatan selain dari pendapatan yang diperoleh dari mahasiswa. Fasilitas pendukung juga terdapat di SPBU ini yaitu Cafetaria serta resting area yang terdapat di lantai dasar. SPBU ini juga buka 24 jam serta mengutaman pelayanan tepaydan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar